Mempercepat Koneksi Internet

 on Saturday 31 March 2012  

Sering kali kita megeluh untuk koneksi internet yang lamban (LeMoT) lewat laptop atau PC, sehingga banyak membuang waktu kita untuk bersabar menunggu yang jelas sangat membosankan itu.hehehe " Koneksi lamban itu sebenarnya bukan hanya masalah modem anda yang lamban atau memang fasilitas hardware yang kurang mendukung dari PC anda, Misalnya PC anda memiliki RAM yang kecil sehingga kemampuan atau kecepatan dalam bekerja PC anda sangat terbatas. Untuk praktisnya kebanyakan orang untuk mempercepat browser dengan menonaktifkan image atau gambar pada browser yang digunakan.
Namun secara teknis benarnya ada cara-cara lain untuk mempercepat koneksi internet. Sebagai berikut menurut pengalaman berdasarkan sumber-sumber cara yang telah saya coba berhasil mempercepat atau memperlancar koneksi internet yang terputus-putus :
1. Memodifikasi registry windows
Dalam hal ini memodifikasi registry untuk mempercepat koneksi pada laptop dan PC yaitu dengan merubah   registry caranya dengan menjalankan perintah 'Run' pada start menu, kemudian ketik perintah "regedit" (tanpa tanda petik)dan klik 'OK'. Setelah masuk panel registry backup dulu registry untuk berjaga-jaga dengan memilih sub menu 'export' pada menu 'file'. Setelah malkukan back up file selanjutnya masuk berturut-turut : "HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Remote Computer/Name Space". Langkah berikutnya pilih key {D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF}dan hapus key tersebut.

2. Qos Packet Scheduler
Langkah ini hampir sama dengan memodifikasi registry yaitu dengan menjalankan 'Run' lalu ketik perintah "gpedit.msc". setelah mencul panel Computer Configuration pilih "Administrative Templates" lalu pilih "Network" selanjutnya pilih "Qos Packet Scheduler" kemudian pilih "Limit Reservable Bandwidth" (double klik) selanjutnya pada menu setting ubah dari 'Not Configured ke Enable'. dan ubah Bandwidth dari 20% ke 0%. Langkah tersebut digunakan untuk meniadakan akses bandwidth oleh System Microsoft sehingga seluruh bandwidth secara maximal digunakan untuk Akses Internet dan mempercepat koneksi internet dari modem yang anda gunakan.

3. Menonaktifkan network protocol
Sebagai pengetahun sedikit bahwa pada dasarnya protocol standar windows adalah berfungsi untuk memperlancar kompatibilitas dengan komputer-komputer lain yang ada dalam satu jaringan komputer. Aktivitas dari protokol ini akan memperlambat koneksi yang juga membutuhkan bandwidth, Jadi protokol ini dapat berfungsi apabila komputer kita ada pada sebuah jaringan, sehingga apabila komputer kita tidak terhubung dengan komputer lain kita tidak membutuhkan fungsi dari protokol ini karena akan membebani sistem dan adapter jaringan yang kita gunakan.
Cara menonaktifkannya yaitu dengan masuk ke 'control panel' kemudian pilih 'Network Connections' lalu pilih koneksi yang kita butuhkan dan 'klik kanan', pilih properties. Pada 'tab general', hapus centang pada 'Internet Protocol (TCP/IP)' klik 'OK'.

4. Modifikasi Browser Firefox (bagi yang menggunakan peramban mozilla firefox)
Modifikasi pada browser firefox ini cukup menarik. Cara ini saya dapatkan dari sebuah bloger dan memang terbuktif ampuh untuk meningkatkan kecepatan browser dengan firefox. Caranya adalah dengan mengetikan about:config pada url address Firefox, dan tekan Enter, lalu akan muncul pesan dari browser 'This may void your warranty, abaikan saja dan tekan ‘I’ll be careful, I promise’. Kemudian ketikkan 'network.http’ (tanpa tanda petik), pada kolom ‘Filter’ dan tekan Enter. Baru kemudian kita ubah parameter yang ada pada halaman ini. Perhatikan cara mengubahnya cukup dengan double klik dengan mouse anda. Yang perlu diubah adalah :

  • network.http.pipelining’ diubah menjadi ‘true’ (standarnya: ‘false’)
  • network.http.proxy.pipelining’ diubah menjadi ‘true’ (standarnya: ‘false’)
  • network.http.pipelining.maxrequests’ diubah nilainya menjadi ‘30’ (standarnya: ‘4’)
  • Klik kanan mose pada bidang kosong lalu pilih New’, kemudianInteger’. Beri nama ‘nglayout.initialpaint.delay’ dengan nilai ‘0’.
Demikian Cara-cara yang biasa saya lakukan semoga bermanfaat 
Mempercepat Koneksi Internet 4.5 5 galihajiw Saturday 31 March 2012 Sering kali kita megeluh untuk koneksi internet yang lamban (LeMoT) lewat laptop atau PC, sehingga banyak membuang waktu kita untuk bersabar...


No comments:

Post a Comment

Followers